Solihin, M.T., Siasat Konsorsium

2 Januari 2009 at 11:58 am 3 komentar

http://www.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=48210

Solihin, M.T., Siasat Konsorsium

PERSAINGAN keras antarperguruan tinggi swasta (PTS) untuk mendapatkan mahasiswa baru malah akan mematikan PTS itu sendiri. “Persaingan juga mematikan PTS-PTS kecil yang bermodalkan semangat untuk mencerdaskan bangsa,” kata Ketua Konsorsium Diploma Tiga (D-3) Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Jabar Solihin, M.T. (39), di ruang kerjanya, STMIK AMIK Bandung Jln. Jakarta, Kota Bandung, Minggu (7/12).

Pria asal Indramayu ini pun berupaya keras menggandeng sekolah tinggi ilmu komputer yang memiliki D-3 TKJ. “Akhirnya kami sepakat membentuk konsorsium yang diikuti enam PTS yakni STMIK AMIK Bandung, STMIK Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi, Politeknik TEDC Cimahi, STMIK IKMI Cirebon, dan STMIK Subang. Konsorsium juga menggandeng Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dan SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC),” ujarnya.

Konsorsium juga secara rutin menggelar perkuliahan jarak jauh (PJJ) dengan fasilitas video conference (vicon). “Cukup menyediakan satu dosen untuk 6.000 mahasiswa. Caranya kuliah dosen tersebut diikuti enam PTS melalui fasilitas vicon sehingga hemat biaya,” ujar pria berkacamata ini.

Bahkan, konsorsium sudah merencanakan menerima mahasiswa baru secara bersamaan dengan biaya kuliah yang sama. “Ibarat perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuat ujian masuk bersama, PTS seharusnya bisa mengadakannya. Bukan hanya penerimaan bersama, bahkan konsorsium membuat biaya kuliah, fasilitas, dan standar kelulusan yang sama,” katanya.

Untuk meningkatkan mutu PTS-PTS di bawah konsorsium D-3 TKJ Jabar, kata Solihin, belum lama ini mengadakan studi banding ke Malaysia yakni Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan Multi Media University (MMU). “Dengan UTM sudah ada kesepakatan mahasiswa D-3 TKJ bisa kuliah di Malaysia sehingga mendapat sertifikat bahkan ijazah ganda nantinya. Dosen UTM juga bisa mengajar di Jawa Barat,” katanya. (Sarnapi/”PR”)***

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Met Idul Fitri 1429 H RANCANGAN MODEL IT GOVERNANCE DAN AUDIT SISTEM INFORMASI PERGURUAN TINGGI : Studi Kasus Sistem Informasi STMIK AMIKBandung

3 Komentar Add your own

  • 1. n4may94n3h  |  18 Juni 2009 pukul 5:28 am

    assalamu’alaikum….

    informasi yang sangat menarik. saya mahasiswa TKJ Mandiri 2008 ingin bertanya. apakah benar Untuk mahasiswa D3 TKJ bisa melanjutkan kuliah di UTM? mohon kejelasannya. dan strategi seperti apa untuk melanjutkan ke sana.
    saya sangat terapresiasi oleh artikel bapak ini.
    Trimakasih…

    Balas
  • 2. solikinws  |  24 Juni 2009 pukul 9:48 am

    kita pernah ke UTM dan mendapatkan penjelasan spt itu mhs D3-TKJ kalau mau dpt melanjutkan ke UTM, hanya memang kt blm pernah py pengalaman pada posesnya jadi kalau minat nanti pada saatnya cb kita sama2 berjuang

    salam

    Balas
    • 3. n4may94n3h  |  4 Juli 2009 pukul 3:32 am

      Insya allah pak…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Januari 2009
M S S R K J S
« Okt   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: