Survei Puskaptis: Danny Setiawan Unggul 42,89 Persen

25 April 2008 at 6:00 pm 1 komentar

PILKADA JABAR
Survei Puskaptis: Danny Setiawan
Unggul 42,89 Persen

http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=196722

Selasa, 8 April 2008
BANDUNG (Suara Karya): Hasil tiga kali survei yang dilakukan LSM Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menunjukkan bahwa pasangan H Danny Setiawan-H Iwan Ridwan Sulanjana (Da`i) sangat potensial memenangkan Pilkada Jabar 2008.

Hasil survei yang dilakukan Puskaptis pada 28 Maret-6 April 2008 atau massa kampanye menunjukkan pasangan Da`i menempati peringkat teratas sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub dan cawagub) Jabar pilihan masyarakat dengan 42,89 persen.
Disusul pasangan H Agum Gumelar-H Nu`man Abdul Hakim (Aman) dengan 34,65 persen dan pasangan nomor urut tiga H Ahmad Heryawan-H Dede Yusuf (Hade) 22,46 persen. “Tren pemilih Da`i memang turun dari hasil survei pertama yang mencapai 43,00 persen, namun posisinya masih tetap di atas kedua kandidat lainnya,” kata Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, di Bandung, Senin.
Meski secara umum hasil poling ketiga Puskaptis tidak jauh beda dengan hasil poling yang keduanya. Peningkatan terjadi untuk pasangan Hade dari hasil survei pertama sebesar 20,00 persen.
“Secara umum kampanye yang digelar 27 Maret-9 April 2008 ini tidak banyak berpengaruh terhadap keyakinan pemilih karena sejak sebulan lalu pemilih sebenarnya telah menetapkan pilihan mereka,” katanya seperti dikutip Antara.
Hasil survei Puskaptis lainnya menunjukkan komposisi cagub dan cawagub yang berasal dari sipil-militer menempati tempat teratas dengan 40 persen, sedangkan komposisi militer-sipil 31 persen, militer-militer 14 persen, dan sipil-sipil 15 persen.
Masyarakat, kata Husin, cenderung memilih pimpinan dari birokrasi yang berpengalaman, disusul purnawirawan, tokoh masyarakat, dan tokoh partai. “Ada enam indikator yang menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat dalam menentukan cagubnya, yakni popularitas, pengalaman, asal profesi, kompetensi, dan dukungan partai,” katanya.
Sementara pilihan masyarakat cenderung tidak berubah meski “digoyang” kampanye. Justru potensi golput di Pilkada Jabar meningkat dari 28 persen kini potensinya mencapai 31 persen.
Potensi golput tertinggi terdapat di daerah perbatasan dengan DKI Jakarta atau Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), sedangkan di perdesaan Jawa Barat partisipasi masyarakat cukup tinggi.
“Golput di kawasan perbatasan Ibu Kota itu kemungkinan bisa mencapai 34 persen, meski rata-rata potensi golput secara umum se-Jabar sebesar 31 persen,” ucapnya.
Survei yang dilakukan Puskaptis di Jawa Barat, kata Husin, dilakukan di 603 kecamatan di 26 kabupaten/kota di Jabar dengan responden sebanyak 15.102 orang. Metode yang digunakan secara random sampling dengan margin of error 3-5 persen dan tingkat kebenarannya 95 persen.
Sektor Pertanian
Sementara itu, calon Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan berjanji akan memerhatikan sektor pertanian jika terpilih kembali menjadi gubernur.
“Untuk memperbaiki sektor pertanian, saluran irigasi harus diperbaiki terlebih dahulu karena keadaannya sudah mengkhawatirkan,” kata Danny, usai kampanye di Lapangan Karangpawitan, Karawang, Senin.
Ia mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, banyak saluran irigasi di Jawa Barat yang mengalami penyempitan dan pendangkalan. Jika kondisi itu dibiarkan, maka saluran irigasi tersebut akan rusak total.
Namun, dalam memperbaiki saluran irigasi tersebut, tak bisa dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sendirian, karena terdapat saluran irigasi yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. “Ini yang harus dipahami, pemerintah pusat juga berwenang memperbaiki saluran irigasi itu,” katanya.
Dikatakannya, untuk saluran irigasi primer yang rusak harus diperbaiki oleh pemerintah pusat. Sedangkan perbaikan saluran irigasi sekunder menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar. Sementara kerusakan saluran irigasi tertier merupakan kewajiban petani dan pemerintah daerah setempat.
“Itu sudah ada tugasnya masing-masing. Jadi, sebenarnya, kalau koordinasinya lancar, saluran irigasi yang rusak akan cepat teratasi,” katanya. (Antara/Dwi Putro AA)
Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Survei Pilkada Jabar Gagal Total Survei Pilkada untuk apa?

1 Komentar Add your own

  • 1. Brwxmspg  |  8 Mei 2009 pukul 10:37 am

    F8mhWM comment5 ,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


April 2008
M S S R K J S
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

%d blogger menyukai ini: